Blogger news

Kamis, 22 Maret 2012

Tugas KONSEP SI-B

I. Microsoft Access

MS ACESS IS APLICATION FROM MS OFFICE PRODUCTION Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office, selain tentunya Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna.
Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access, Microsoft Jet Database Engine, Microsoft SQL Server, Oracle Database, atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC. Para pengguna/programmer yang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang kompleks, sementara para programmer yang kurang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang sederhana. Access juga mendukung teknik-teknik pemrograman berorientasi objek, tetapi tidak dapat digolongkan ke dalam perangkat bantu pemrograman berorientasi objek.
Kelebihan  dan kekurangan :
            Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah, yang digunakan untuk menangani pembuatan dan Manipulasi data dan juga di gunakan sebagai basis data untuk aplikasi web dasar. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office, selain tentunya Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint.
            Microsoft Access digunakan kebanyakan oleh bisnis-bisnis kecil dan menengah, akan tetapi penggunaan Access kurang disarankan, mengingat telah ada Microsoft SQL Server yang memiliki kemampuan yang lebih tinggi.
            Salah satu keunggulan Microsoft Access dilihat dari perspektif programmer adalah kompatibilitasnya dengan bahasa pemrograman Structured Query Language (SQL); query dapat dilihat dan disunting sebagai statemen-statemen SQL, dan statemen SQL dapat digunakan secara langsung di dalam Macro dan VBA Module untuk secara langsung memanipulasi tabel data dalam Access. Para pengguna dapat mencampurkan dan menggunakan kedua jenis bahasa tersebut (VBA dan Macro) untuk memprogram form dan logika dan juga untuk mengaplikasikan konsep berorientasi objek.
            Microsoft Access kurang begitu bagus jika diakses melalui jaringan sehingga aplikasi-aplikasi yang digunakan oleh banyak pengguna cenderung menggunakan solusi sistem manajemen basis data yang bersifat klien/server.




II. My SQL
My SQL adalah perangkat lunak sistem manajemen basis data yang diciptkan untuk dapat dilakukan instalasi secara gratis (open source). Hingga saat ini MySQL telah lebih dari 6 juta instalasi.
Kelebihan dan Kekurangan :
Kekurangan :
            1. Tidak cocok untuk menangani data dengan jumlah yang besar, baik untuk menyimpan data                           maupun untuk memproses data.
            2. Memiliki keterbatasan kemampuan kinerja pada server ketika data yang disimpan telah                    melebihi batas maksimal kemampuan daya tampung server karena tidak menerapkan konsep                 Technology Cluster Server.

III. ORACLE
Oracle adalah salah satu software sistem manajemen basis data relasional yang cukup diminati, dikenal, dan dipakai saat ini. Versi terbaru dari Oracle adalah Oracle 11g.Software ini biasa digunakan untuk pengaksesan data yang dilakukan secara online.
Kelebihan dan Kekurangan :
Kelebihan :
            1. Merupakan software DBMS yang handal dan memiliki kemampuan yang tinggi.
            2. Dapat menangani jumlah data dalam ukuran yang besar.
            3. Dapat mengolah data dalam ukuran besar dan mengolahnya dengan cepat sehingga didapatkan                    informasi yang akurat sesuai permintaan pengguna/user.
            4. Memiliki kemampuan akan fleksibilitas dan skalabilitas yang dapat memenuhi tuntutan akan                        data dan informasi yang bervolume besar dan terus-menerus bertambah besar.
            5. Memiliki kemampuan Technology Cluster Server, dimana jika terdapat lebih dari satu unit                            server misalnya 100 unit server maka Oracle dapat menjadikan 100 unit server tersebut aktif                            bekerja bersama sebagai 100 aktif server.
            6. Memiliki kemampuan untuk management user dan tiap user bisa diatur hak akses terhadap                           suatu database oleh database administrator.
            7.  Bisa berjalan pada lebih dari satu platform system operasi.

Kekurangan :
            1.Merupakan software DMBS yang paling mahal, paling rumit, dan paling sulit untuk dipelajari.
            2. Membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi untuk dapat menjalankan software DMBS                            Oracle supaya berjalan dengan stabil.
            3. Hanya diperuntukan bagi perusahaan berukuran besar, dan tidak cocok untuk perusahaan kecil                   maupun menengah.


IV. Microsoft SQL Server
Macam-macam Microsoft SQL Server  : SQL Server Compact Edition (SQL CE), SQL Server Express Edition, SQL Server Workgroup Edition, SQL Server Standart Edition, SQL Server Enterprise Edition, SQL Server Developer Edition.
Microsoft SQL Server adalah program Sistem Manajemen Dasis Data Relasional. Susunan dari Microsoft SQL Server dibagi menjadi tiga komponen. SQL OS yang melakukan layanan utama pada SQL Server, misalnya mengatur aktifitas, pengaturan memori, dan pengaturan Input/Output; Relational Engine yang bekerja sebagai penghubung komponen database, tabel, query, dan perintah tersimpan dan Protocol Layer yang mengatur fungsi-fungsi SQL Server.
Kelebihan  :
            1. Cocok untuk perusahaan dengan skala kecil, menengah, dan besar sehingga mampu untuk                           mengolah data dengan jumlah yang besar.
            2. Memiliki kemampuan untuk management user dan tiap user bisa diatur hak akses terhadap                           suatu database oleh database administrator.
            3. Untuk diterapkan pada pembangunan suatu program aplikasi, akan mudah dalam melakukan                       koneksi dengan computer client yang pembangunan aplikasinya menggunakan software yang                          sama platform dengan MS-SQL, misalnya Microsoft Visual Basic.
            4. Memiliki kemampuan untuk membuat database mirroring dan clustering.
            5. Memiliki tingkat pengamanan / security data yang baik.
            6. Memiliki kemampuan untuk back-up data, rollback data, dan recovery data.

Kekurangan :
            1. Merupakan software berlisensi dan berharga mahal untuk perusahaan skala kecil dan                                   menengah.
            2. Hanya bisa berjalan pada satu platform system operasi yaitu Microsoft Windows.
            3. Hanya dapat diimpelementasikan pada 1 unit server, jika terdapat tambahan server maka hanya       akan berfungsi sebagai pasif / standby server (tidak memiliki kemampuan Technology Cluster                      Server seperti halnya pada DMBS Oracle).

V. DBASE4
Dbase4 merupakan data management system (DBMS), yang mengatur dan mengolah data. Memproses data elektronik artinya menyimpan, menghubungkan , memanipulasi serta memanggil data yang memiliki informasi sangat banyak dengan cara cepat dan efisien. Anda memanggil dan menampilkan data berdasakan kreteria tertentu sesuai kemampuan.

Dbase4 merupakan data, dengan DBase IV akan lebih mudah dan cepat sekalipun data yang dimiliki sangan kompleks. Dengan tersedianya menu control center semua pemakai dari segala tingkat dapat mengoperasikannya.

Pengolahan Dbase4 bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu menu dan perintah. Bagi pemakai yang sudah biasa dengan DBase atau data base, bekerja pada perintah. Sedangkan bagi pemula, bekerja pada layar control center lebih mudah.

Paket program Dbase4 ‘copy-protected’ artinya dapat memuat aplikasi disket sebagai cadangan dan juga melakuan instalasi pada hardisk.


0 komentar:

Posting Komentar